Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa

Bulan Puasa akhirnya telah tiba marilah kita umat muslim sama-sama melaksanakan ibadah puasa dengan penuh semangat dan kesabaran, Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan/diet selama bulan puasa alangkah baiknya mengikuti beberapa tips dibawah ini agar diet yang anda lakukan membuahkan hasil yang baik serta memuaskan.

Tips Diet Selama Bulan Puasa

1.    Hindari karbohidrat
Bagi sebagian besar orang berfikiran dengan menyantap karbohidrat dalam jumlah banyak maka energi selama berpuasa akan terjaga. Tetapi pada kenyataanya ketika tubuh telah beradaptasi dengan pola makan selama berpuasa yang lebih sedikit, maka tubuh akan menyimpan cadangan energi sehingga tidak perlu menyantap karbohidrat berlebih selama berpuasa.

2.    Makan porsi sedikit dan sering
Sunnah berbuka yaitu dengan memakan kurma dan yang manis. Namun hindari makan makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Kurma itu memang mempunyai kandungan gula tinggi, namun lambat dicerna oleh tubuh. Sehingga aman buat anda yang sedang menjalankan diet. Berbeda dengan gula dari tebu, yang mempunyai kadar gula tinggi, dan langsung kontan menaikkan kadar gula darah. Sehingga kurang baik bagi yang sedang berdiet.

Setelah berbuka jangan langsung makan besar. Tetapi alangkah baiknya diawali dengan porsi kecil, sup sangat disarankan agar pencernaan tidak terkejut. Barulah setelah shalat magrib atau tarawih anda dapat menikmati kudapan, kue, buah dan makan besar. Jangan sekali kali makan besar atau kue yang berat ketika ingin segera tidur. Hal ini dapat menyebabkan diet anda terancam gagal.

3.    Sahur dengan sup
Sahurlah dengan sup. Kuah sup dapat membuat pencernaan anda menjadi lancar. Sehingga rasa kenyang anda bertahan agak lama. Berbeda dengan ketika langsung makan besar yang justru akan membuat perut cepat lapar hanya dalam hitungan jam.

4.    Batasi kue-kue
Ketika bulan puasa seperti ini pastilah banyak kue yang bertebaran di meja makan bahkan di ruangan tidur anda. Jangan tergiur lalu kemudian membantai makanan itu. Ingat anda sedang berdiet, sehingga harus mengurangi porsi makan. Namun tidak harus langsung anti pati dengan makanan itu. Anda tetap boleh menyantapnya namun dibatasi, sehari cukup satu atau dua biji kue di sekitar anda agar diet tetap berjalan dengan mulus.

5.    Perbanyak makan buah dan sayur
Ketika makanan yang banyak mengandung karbohidrat, minyak dan lemak tidak bisa dihindari selama puasa. Seimbangkan pola diet dengan asupan serat yang bisa diperoleh dari buah dan sayur.

6.    Teruslah berolahraga
Puasa menyebabkan aktivitas berkurang. Apalagi buat yang sering berolahraga tentu saja akan menyebabkan kantuk setelah puasa. Tapi bagi anda yang ingin tetap berdiet selama puasa jangan terus menghentikan aktivitas olahraga. Cukup dengan mengurangi porsinya saja. Misalnya yang sehari dapat mengelilingi 4 kali stadion, ketika puasa mungkin cukup dengan 1-2 kali mengelilinginya. Jangan forsir tubuh selama puasa. Tapi jangan pula menghilangkan olahraga dari daftar kegiatan selama berpuasa kalau anda ingin diet tetap berhasil selama puasa.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa"

Post a Comment