7 Syarat Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog


7 syarat yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog. Bagi anda yang ingin terjun dalam dunia blogging pasti tahu apa itu BLOG? blog adalah suatu bentuk dari aplikasi web yang didalammya berisi berbagai macam tulisan atau artikel yang dimuat oleh pengguna blog.

Sebelum anda terjun ke dunia blogging, alangkah baiknya jika anda membuat suatu perencanaan agar blog anda berjalan lancar dan sesuai keinginan. Perencanaan merupakan langkah awal dalam melakukan segala sesuatu, termasuk dalam membuat BLOG. Berikut beberapa perencanaan atau syarat yang harus anda perhatikan sebelum membuat blog:

1. Tentukan Tujuan Anda 

Menentukan tujuan anda dalam membuat blog sangatlah pnting, karena pada saat anda menentukan tujuan, anda akan mengetahui arah dari blog yang ingin anda kelola, Misalnya anda ingin membuat blog untuk tujuan berbagi informasi seputar pendidikan. maka dengan tujuan yang telah anda tetapkan tersebut anda akan bisa mengelola blog anda secara baik.

Berikut beberapa pertanyaan yang perlu anda tanyakan pada diri anda sebelum anda membuat blog:

  • Mengapa anda ingin membuat BLOG ?
  • Apa yang anda harapkan dari membuat BLOG ?
  • Apakah anda mempunyai semangat yang cukup untuk membuat BLOG ?
Anda perlu mengingat bahwa membuat blog dan mengelolanya membutuhkan kesabaran dan ketekunan karena untuk mengelola blog membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Menentukan Topik Blog

Topik blog hampir sama pentingnya dengan tujuan blog, karena topik blog akan menentukan apa yang akan anda isi atau anda tulis dalam blog anda. Untuk memilih topik blog mungkin tak terlalu sulit, tetapi perlu anda ingat bahwa jangan sesekali anda membuat blog karena tergiur dengan topik blog lain yang belum tentu anda bisa mengelolanya, Tapi tentukanlah topik blog menurut Hobby ataupun keahlian anda, Misalnya anda ahli dalam Komputer, maka buatlah blog dengan topik komputer.

3. Menentukan Nama Blog dan Nama Domain

Setelah anda menentukan tujuan dan topik blog, selanjutnya adalah menentukan nama blog dan domain untuk blog anda. Untuk nama blog dan nama domain buatlah sesimple mungkin, unik, keren, dan berkaitan dengan topik blog anda.

4. Tentukan Platform

Platform merupakan tempat anda untuk membuat blog, anda dapat memilih salah satu dari penyedia layanan blog gratisan seperti blogger ataupun wordpress. untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyedia layanan blog gratis anda bisa membaca posting saya sebelumnya; Daftar penyedia website gratisan terbaik dan terlengkap.

Saya sendiri menggunakan jasa Blogger.com milik google. Bagi anda yang memiliki dana lebih mungkin bisa memakai platform berbayar.

5. Menentukan Tampilan  Blog 

Tampilan blog penting untuk menarik perhatian pembaca, jika tampilan blog anda tidak bagus maka dapat disimpulkan kalau blog anda bakal sepi pengunjung. Untuk menentukan tampilan blog anda dapat menggunakan template yang disediakan oleh pihak ketiga seperti btemplates.com.

6. Mulai Membuat Blog dan Mempercantik Tampilan

Setelah semua hal diatas sudah terpenuhi, maka saatnya bagi anda untuk membuat blog dan mempercantik tampilan blog anda. Untuk tampilan blog buatlah sebagus dan sekeren mungkin agar pembaca tidak merasa bosan dengan blog anda.

7. Menulis Content 

Mulailah menulis content atau artikel yang nantinya akan anda posting pada blog anda. Buatlah seunik mungkin. Satu hal yang perlu diingat buatlah artikel sesuai dengan topik anda dan jangan pernah COPAS artikel milik orang lain karena melanggar Hak Cipta. 


Demikianlah 7 syarat yang perlu diperhatikan sebelum anda membuat blog, semoga bermanfaat bagi calon blogger semua, Jika ada yang kurang mengerti silahkan berkomentar. Selamat mencoba ! Salam Blogger.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "7 Syarat Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog"

Post a Comment